Kamis, 15 Januari 2015

5 Kisah Lucu dari Ibnul Jauzi

___________________________________


Mari tersenyum!!!
Ayah Hija berniat untuk pergi haji. Saat ayahnya hendak berangkat, Hija, yang saat itu sedang agak sentimen berkata, “Jangan lama-lama lho yah, cobalah kembali saat Id, jadi engkau bisa berkurban bersama kami.”
Seorang pencuri mengambil pintu rumah Abu Salim. Kemudian ia mencuri pintu masjid. Ada orang yang memergoki lalu berkata, “Apa yang kau lakukan?” Dia menjawab, “Sssstt… Pemilik pintu ini udah tahu kalau yang mencuri pintu saya.”
Ada seorang Badui yang tinggal di dekat sungai. Pada suatu malam, ia bermimpi “buruk” di malam yang dingin. Ia berat untuk mandi karena udaranya sangat dingin. Untuk itu, ia mencari ember untuk mengambil air hangat. Setelah dicari ternyata tidak ketemu, ia pun mengambil pakaiannya dan berenang ke sisi lain dari sungai yang dingin itu untuk mengambil ember. Akhirnya ia dapatkan embernya lalu kembali lagi lewat sungai yang dingin itu dan mengambil air hangat kemudian mandi.
Seorang lelaki tua berdiri di samping pintu masjid. Untuk menghormatinya, si muadzin langsung menawarinya untuk menjadi imam shalat. Lelaki itu menolak, maka muadzin sendirilah yang menjadi imam. Setelah selesai shalat, ia berkata kepada lelaki tua itu, “Baba, jika Anda telah memimpin shalat kami akan memberi Anda sesuatu.” Orang tua itu pun menjawab, “Bagaimana bisa aku menjadi imam, aku belum wudhu.”
Seorang individu telah mendengar bahwa puasa Asyura setara dengan berpuasa sepanjang tahun. Ia pun berpuasa selama setengah hari dan ia percaya bahwa nilainya setara dengan puasa selama enam bulan.
Seorang lelaki culun diberitahu bahwa keledainya dicuri. Ia pun malah berkata, “Terima kasih ya Allah, saat itu aku tidak naik di atasnya.”

Al-Qolam Kr-Moncol

Tidak ada komentar: